Contoh Perilaku yang Mencerminkan Perwujudan Nilai-Nilai Dasar Pancasila



Contoh Perilaku yang Mencerminkan Perwujudan Nilai-Nilai Dasar Pancasila Sila 1 (Ketuhanan yang maha esa)


1. Percaya dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa 
sesuai ajaran saat ini di Indonesia beragam agama atau kepercayaan dan setiap orang memiliki haknya sesuai dengan peraturan dalam UU bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk menganut agama manapun sesuai dengan kepercayaannya dan atas dasar hak itu maka pihak lain tidak harus memaksa untuk menganut agama manapun.

2. Menjalankan perintah agamanya sesuai dengan ajaran yang dianut masing-masing individu. 
Dalam hal ini setiap umat melakukannya tanpa ada intervensi dari pihak manapun. Contohnya meskipun dalam berteman atau bahkan keluargapun ketika pihk lain melakukan tindakan sesuai dengan ajaran agamanya maka pihak ;ainpun tidak ada hak untuk melarangnya.

3. Saling menghormati antar umat beragama
contoh perilaku yang harus kita lakukan disini adalah toleransi, dengan menjunjung tinggi sikap toleransi ini maka kehidupan antar umat akan baik-baik saja, menghargai ajaran agama lain, menghormati keputusan mereka dalam memilih agama atau kaepercayaan manapun.

4. Tidak memaksa seseorang atas agama. 
Berbicara tentang agama maka berbicara tentang kepercayaan atau keakinan dan setiap orang tentunya akan berbeda dalam meyakini atau mempercayai suatu hal sama halnya dengan agama.

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Perwujudan Nilai-Nilai Dasar Pancasila Sila 2 (Kemanusian yang Adil dan Beradab)


1. Tidak boleh membeda-bedakan manusia berdasarkan suku, agama, warna kulit, serta ras.
Perbedaan bukanlah alasan atau penyebab terpecah-belahnya Indonesia, justru dengan perbedaan inilah yang menjadikan Indonesia lebih indah dan untuk mewujudkan keindahan ini maka kita sebagai warna negara Indonesia harus menjunjung tinggi yang namanya toleransi yang dimana sebagai kunci utama untuk mempersatukan, sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika berbeda-beda tetapi tetap satu ketika semua dapat terwujud disitulah kita akan mengerti dan melihat indahnya perbedaan.

2. Menyadari bahwa kita manusia sama-sama diciptakan sama oleh Tuhan yang Maha Esa
Dalam hal ini sudah jelas bahawa kita sebagai manusia tidak boleh saling maembeda-bedakan, baik kaya, miskin, tinggi, pendek, putih, hitam, kering, lurus, kurus, gemuk tidak ada perbedaanya semua sama-sama ciptaan Tuhan, yang membedakan hanyalah amal dan ibadah saja, untuk itu perlunya kesadaran akan hal ini dengan salah satu tujuan agar mengindarkan diri dari sifat sombong.

3. Menegakkan kebenaran dan keadilan sesama manusia, hari ini kita tidak sama sekali kekurangan orang cerdas tetapi kita kekurangan orang jujur, dimana kebenaran dipatahkan keadilan diinjak-injak menutup mata dan telinga seakan tidak terjadi apa-apa, tindak deskriminasi ada dimana- mana kebenaran seakan dibungkam, namun pearlu kita ingat kembali bahwa menyimpan suatu kebohongan sama halnya dengan maenyimpan bangkai yang suatu saaat akan tercium oleh orang lain.

4. Menyadari bahwa kita mempunyai hak dan kewajiban yang sama 

5. Tidak melakukan deskriminatif terhadap sesama manusia
Mungkin kita semua sudah sering mendengar kalimat “memanusiakan manusia” yang menjadi pertanyaan kemudian apakah hal ini sudah terwujud? Hari ini tindak deskriminatif ada dimana-mana dan hal ini sangat melenceng dari perwujudan nilai dasar Pancasila sebagai warna negara indoseia.

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Perwujudan Nilai-Nilai Dasar Pancasila Sila Ketiga (Persatuan Indonesia)


1. Cinta pada tanah air dan bangsa 
yaitu dengan terus mengenang jasa para pahlawan, dengan menjaga kelestarian budaya, merawat peninggalan-paeninggalan para pahlawan atau nenek moyang kita terdahulu.

2. Tidak membangga-banggakan bangsa lain dan merendahkan diri sendiri
Hari ini entah karena pengaruh pergaulan atau kerasnya zaman hingga menuntut generasi muda agar terlihat lebih mudis hingga melupakan negara sendiri, banyak didaptkan kaum milenial yang lebih tertarik dengan budaya asing mulai dari cara berpakaina, bergaul bahkan cara mereka berbahasa yang tidak hanya mempengaruhi individu tetai kelompok juga dan lebih membanggakan bangsa lain dibandingan dengan bagsa sendiri. Hal ini tentunya sangat tidak mencerminkan perwujudan nilai-nilai dasar Pancasila.

3. Ikut serta dalam ketertiban dunia dengan menjadi warganegara yang baik
Menaati setiap aturan yang sudah ditetapkan.

4. Menjunjung tinggi persatuan bangsa
Dengan menjaga sikap toleransi kepada sesama agar tidak menimbulkan perpecahan antar sesama warga.

5. Mengutamakan kepentingan bagsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan
Layaknya seorang pemimpin atau suatu pemerintahan yang harus selalu mengutamakan kepentingan rakyatnya demi terwujudnya sila kelima yang berbunyi ”keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” yang bisa menunjang kemajuan suatu negara.

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Perwujudan Nilai-Nilai Dasar Pancasila (Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan)



1. Selalu mengedapankan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan suatu masalah,
Suatu permasalahn tidak akan selesai jika hanya diselesaikan dengan cara lain, karena dengan bermusyawarah kita akan megetahui apa yang menjadi permasalahan oaring banyak dan bagaimana solusi yang mereka inginkan agar tidak ada kesalahpahaman.

2. Tidak memaksa kehendak orang lain
Misalnya dalam satu kelompok memiliki perbedaan pendapat, atau ketua dengan jajarannya memiliki pendapat maka pihak lain harus menghormati keputusan ketua dengan tidak memaksakan kehendaknya sebagai ketua.

3. Megutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara
Layaknya seorang memimpin harus bisa melihat mana hal penting dan harus diutamakan dan mana yang tidak perlu.

4. Menghormati keputusan musyawarah bersama 
sebagai bentuk saling mengahargai antar sesama karena keputusan akhiar dari musyawarah adalah yang terbaik.

5. Ikut serta dalam pemilihanumum
Hari ini golput sudah menjadi budaya dalam negeri dan perlu diketahui hal ini sangat atidak mencerminkan perwujudan nilai-nilai dasar Pancasila, karena golput buka solusi dari permasalahan, maka mulai saat ini ikutserta lah dalam pemilihan dan gunakan hak pilih anda sebagai warga negara yang baik.

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Perwujudan Nilai-Nilai Dasar Pancasila Sila Kelima (Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia)



1. Berusaha menolong orang lain sesuai dengan kemampuan kita 
jika bisa dibantu dengan uang maka apa salahnya untuk membantu, jika uang tidak ada kita masih bisa membantu orang lain dengan tenaga dan kalupun kita sudah tidak bisa menolong orang lain dengan tenaga maka bantu mereka dengan Doa. Karena kekuatan doa bisa mengubah segalanya atas izin Allah karena tangan yang menengadah meminta tidak akan dibiarkan oleh Tuhan kembali dengan kekosongan.

2. Menghargai hasil karya orang lain dengan tidak mengejek karyanya
Kita tidak pernah tahu apa yang sudah ia lalui ketika membuat suatu karya, kita tidak pernah tahu sudah sejauh mana ia berusaha hingga menyelesaikannya, meskipun dalam kacamata kita karya kurang menarik atau kurang bagus tetapi tidak sepantasnya kita mengejek karyanya, jadi tidak ada salahnya kita memuji sebagai bentuk penghargaan atas kerja kerasnya dalam berkarya, dan yang paling penting adalah terus memotivasi dan memberikan semangat agar karyanya dapat terus berkembanga.

3. Menjunjung tinggi kekeluargaan
Hal ini tidak hanya kita terapkan pada kaeluarga inti saja seperi bapak, ibu, kakak, adik, sepupu, paman, bibi dan lain sebagainya tetapi juga pada orang lain. Karena degan rasa kekeluargaan ini akan menjadikan hubungan kita dengan orang lain akan menjadi semakin baik dan harmonis.

4. Menghormati hak dan kewajiban orang lain
Setiap orang tentu memiliki keduanya yaitu hak dan kewajiban dan semua itu tergantung dari mereka bagaimana mempergunakannya dan apapun keputusannya kita wajib menghormatinya sekalipun berbeda dengan keinginan kita.

Post a Comment

0 Comments