UPAYA PENCEGAHAN KONFLIK YANG BERSIFAT SARA (SUKU, AGAMA, RAS & ANTAR GOLONGAN)

UPAYA PENCEGAHAN KONFLIK YANG BERSIFAT SARA

Ok Hari ini kita akan melanjutkan materi yang kemarin, Membahas keberagaman sudah, membahasa, suku bangsa, adat istiadat dan agama sudah, membahas dampak negatif dan positif dan keberagaman sudah, sampai membahas berbagai macam konflik yang berakibat sangat merusak dari perpecahan masyarakat, kehilangan harta dan benda. 

Oleh karena itu sekarang kita akan belajar bagaimana cara atau upaya pencegahan agar konflik bisa di minimalisir atau bahkan tidak terjadi dibumi nusantara ini. sebelum kita membahas lebih lanjut ayo kita tonton dulu video di bawah yang mencerita hal-hal sederhana yang data menyebabkan konflik dan pilihan sikap mana yang seharusnya kita ambil agar konflik yang ada tidak sampai merusak hubungan kita dengan siapapun itu. apakah mau pilih menjadi penyerang, orang yang menghindar atau menjadi pilihan yang terbaik berdamai. ayo kita simak bareng-bareng. 



Setelah menyaksikan video diatas sedikitnya memberikan gambar sederhana bagi kita yang memang terkadang sering berkonflik dengan hal-hal kecil tapi jika tidak disikapi dengan baik dapat menimbulkan konflik yang lebih besar. oleh karena itu perlu sekali penyikapan yang baik dari seluruh warga masyarakat.

Keberagaman budaya di satu sisi memberikan peran penting bagi bangsa dan masyarakat besar seperti Indonesia. Tentu saja hal tersebut dapat terjadi apabila keragaman kebudayaan tersebut dikelola dengan tepat. Bagaimana bila tidak dikelola dengan tepat? Malapetakalah yang akan melanda. Hampir semua negara yang penduduknya heterogen seperti India dan Filipina, termasuk Indonesia setiap saat dapat terjadi konflik bernuansa SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan).

Setiap masalah yang berpotensi menimbulkan  konflik  dalam  masyarakat yang beragam, harus segera diselesaikan sehingga tidak membawa akibat yang merugikan masyarakat. Upaya mengatasi masalah ini dapat dilakukan secara preventif dan represif. Cara preventif, artinya upaya dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah atau sebelum masalah terjadi. Hal tersebut dapat dilakukan denganmengembangkan sikap toleransi, kerja sama, latihan bersama, dan sebagainya. Adapun, cara represif adalah upaya mengatasi masalah pada saat atau setelah terjadi masalah, seperti penangkapan, pembubaran paksa, dan sebagainya.

Selain itu, ada cara kuratif, merupakan upaya tindak lanjut atau penanggulangan akibat masalah yang terjadi. Cara ini bertujuan untuk mengatasi dampak dari masalah yang terjadi. Misalnya, pendampingan bagi korban kerusuhan, perdamaian, kerja sama, dan sebagainya. Coba kalian diskusikan manakah yang lebih baik, mengatasi sebelum terjadi masalah atau sesudah terjadi masalah.Selain itu, upaya menyelesaikan konflik di masyarakat dapat juga dilakukan dengan mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati berbagai keragaman di masyarakat. Bolehkah kamu membanggakan suku bangsa dan budaya daerah sendiri? Tentu saja boleh, tetapi jangan berlebihan. Apalagi merendahkan budaya daerah lain. Sikap seperti itu dapat menimbulkan perpecahan. Sebaliknya, kamu harus menghormati dan menghargai budaya daerah lain. Hal ini dilakukan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan maju serta disegani oleh bangsa lainnya.

Selain itu terdapat Metode Konsep penanganan Konflik menurut ketentuan UU No. 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik sosial, meliputi ruang lingkup pencegahan konflik, penghentian konflik dan pemulihan pascakonflik. Upaya yang harus dilakukan antara lain:

a. Pencegahan konflik, meliputi upaya:

1. Memelihara kondisi damai dalam masyarakat;

2. Mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai;

3. Meredam potensi konflik;

4. Membangun sistem peringatan dini.

b. Penghentian konflik, meliputi upaya:

1. Penghentian kekerasan fisik;

2. Penetapan status keadaan konflik;

3. Tindakan darurat penyelamatan dan perlindungan korban; dan/atau

4. Bantuan penggunaan dan pengerahan kekuatan TNI.

c. Pemulihan pascakonflik, meliputi upaya:  

1. Rekonsiliasi erbuatan memulihkan hubungan persahabatan ke keadaan semula atau  perbuatan menyelesaikan perbedaan.

2. Rehabilitasi pemulihan kepada kedudukan (keadaan, nama baik) yang dahulu (semula)

3. Rekonstruksi adalah pengembalian sesuatu ketempatnya yang semula, penyusunan atau penggambaran kembali dari bahan-bahan yang ada dan disusun kembali sebagaimana adanya atau kejadian semula.


Selain itu upaya-upaya individu, kelompok, maupun pemerintah dapat menggunakan berbagai metode untuk memecahkan konflik yang terjadi di masyarakat yang beragam. metode-metode itu antara lainnya sebagai berikut:
1. Metode Kompetisi (Competition)
Metode Kompetisi adalah teknik pemecahan masalah dengan menggunakan cara persaiangan atau pertandingan, sehingga akan muncul pihak yang menang dan kalah.
2. Metode Menghindar (Avoidance)
Metode menghindar adalah teknik pemecahan masalah dengan cara salah satu pihak yang berselisih menarik diri atau menghindari konflik.
3. Metode Akomodasi (Accomodation)
Metode Akomodasi adalah teknik pemecahan masalah dengan menciptakan kondisi damai yang bertujuan untuk sementara. Metode ini diterapkan apabila salah satu pihak bersedia memenuhi tuntutan pihak lawan.
4. Metode Kompromi (Compromize)
Metode Kompromi adalah teknik pemecahan masalah dengan melakukan perundingan damai. Metode ini tidak dilakukan untuk mencari yang menang dan yang kalah, tetapi untuk mencari akar permasalahan sehingga ada kompromi diantara yang berkonflik.
5. Metode Kolaborasi (Collaboration)
Metode kolaborasi adalah teknik pemecahan masalah dengan memberi keuntungan
6. Metode pengurangan konflik
Metode penguranga konflik adalah upaya untuk menekan dan mengurangi terjadinya antagonisme yang ditimbulkan konflik.
7. Metode Mediasi
Metode mediasi adalah teknik memecahkan konflik dengan jalan meminta pihak ketiga yang netral untuk menjadi media atau perantara yang akan menyelesaikan masalah.
8. Metode Pengadilan
Metode pengadilan adalah teknik memecahkan masalah atau konflik melalui proses persidangan di pengadilan, sehingga masalah akan diputuskan oleh hakim.

Dari semua materi dan video yang ada semoga kita dapat menyikapi perbedaan, keragaman dari seluruh aspek kehidupan dengan baik tanpa ada permusuhan dan dapat diselesaikan dengan cara damai agar negara ini dapat aman, damai dan tenteram yang dapat memberikan kekuatan agar menjadi bangsa yang maju dari segala bidang. 

sebagai tambahan dan semakin bertambah rasa cinta kita kepada tanah air ini kita bisa saksikan video bagaimana keindahan alam bangsa indonesia yang sangat mengagumkan jaga terus.





DAFTAR PUSTAKA

Buku Paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX Edisi Revisi Kurikulum 2013.

Modul Pembelajaran Berbasis aktivitas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX Semester Genap. Aslamiah, S.Pd
UU Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penanganan Konflik Sosial




TUGAS MANDIRI

Tugas 5 PPKn Kelas 9 Silahkan untuk Klik di sini

Post a Comment

0 Comments