Makna Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya, Ekonomi, dan Gender dalam Bhinneka Tunggal Ika

 Makna Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya, 
Ekonomi, dan Gender dalam Bhinneka Tunggal Ika




Sebelum memasuki materi kita simak video berikut untuk menambah pengetahuan tentag beragam hal yang ada di negeri tercinta ini.



Setelah melihat video diatas sekarang kita dapat melihat banyak sekali keberagama dari berbagai hal. dari yang sederhana seperti setiap orang tidak akan memiliki wajah yang sangat persis sama tetapi kita harus bisa saling menghargai dan menghormati sesama walaupun kita berbeda itulah arti penting dari bhineka tunggal ika. ok selanjutnya kita akan membahas berbagai materi tentang makna harmoni keberagaman dari berbagai bidang yaitu :

1. Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya

Keberagaman sosial budaya disebabkan oleh beragamnya suku bangsa serta kekayaan budaya di Indonesia. Dalam keberagaman ini, antar masyarakat sangat perlu dan wajib untuk hidup harmoni supaya mencegah terjadinya konflik atau hal semacamnya. Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), hidup harmoni berarti hidup dengan menjaga kerukunan, senantiasa bertoleransi, saling menghormati antar masyarakat serta saling bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan. Masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai latar belakang budaya serta suku bangsa diharuskan untuk senantiasa hidup harmoni. Contoh hidup harmoni dalam keberagaman sosial budaya yang paling mudah, yakni mengutamakan toleransi dan tidak menjelek-jelekkan suatu budaya atau suku bangsa.

Pernahkah kalian menonton konser musik?.

Ada berapa alat musik yang ditampilkan? Coba sebutkan satu persatu jenis-jenis alat musik itu dan bagaimana cara memainkannya.Dengan alat musik yang berbeda dan dimainkan sesuai nada dalam waktu yang bersamaan, maka akan menghasilkan musik yang harmoni. Yaitu, adanya urutan bunyi dan keserasian nada yang bersamaan.Seperti halnya konser musik tersebut, maka keadaan sosial budaya pada masyarakat Indonesia yang beraneka ragam, diperlukan adanya harmonisasi dalam masyarakat. Terciptanya paduan keselarasan, saling menghormati, menyayangi serta menyinergikan dan menyelaraskan segala macam perbedaan secara ikhlas dan alamiah di lingkungan sosial budaya. Kehidupan masyarakat Indonesia yang berasal dari latar belakang yang beragam suku, budaya, agama, tradisi, pendidikan, ekonomi, dan sebagainya merupakan kodrat yang harus diterima oleh bangsa Indonesia. Maka, di sinilah keindahan sebuah komunitas sosial bila mampu merekat berbagai perbedaan itu dan menjadikannya sebagai sarana untuk saling memahami, tepo seliro dan toleransi, yang akhirnya akan mempererat persatuan dan saling mencintai.

Keberagaman sosial pada masyarakat Indonesia melahirkan bermacammacam status sosial, mata pencaharian, serta kedudukan dan jabatan dalam masyarakat. Karena manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, sehingga dengan keberagaman tersebut setiap individu dalam masyarakat akan saling membutuhkan dan saling melengkapi. Kekayaan bangsa Indonesia juga nampak dari keanekaragaman budaya daerahnya  yang  memiliki  ciri  khas  masing-masing,  berupa  alat  musik tradisional,  senjata  tradisional,  rumah  adat,  lagu-lagu  daerah,  kerajinan tradisional, pakaian adat, bahasa daerah, makanan tradisional, dan lain-lain yang akan terasa harmoninya jika diselenggarakan festival budaya daerah.

2. Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi pada Masyarakat

Sebelum kita lanjut ke materi selanjutnya tentang keberagaman dalam hal ekonomi dalam masyarakat. mari kita tonton video dibawah agar kita tahu sebenarnnya ilmu ekonomi itu apa sih? apakah makhluk hidup atau ekonomi hubunganya hanya dengan uang saja. kita belajar dasarnya dulu ya agar kita bisa mengetahui banyak keilmuan tentunya.


Pernahkah kalian pergi ke pasar, supermarket atau mal?

Barang-barang apa saja yang diperjualbelikan di sana?Tentu,  banyak  sekali  barang-barang  kebutuhan  masyarakat.  Mulai  dari kebutuhan  makanan,  pakaian,  dan  kebutuhan  sehari-hari  lainnya. Barangbarang yang diperdagangkan dan diproduksi oleh perusahaan yang berbeda baik perusahaan besar, maupun perusahaan kecil dan menengah. Tetapi, kalau sudah berada di pasar beraneka ragam barang-barang tersebut bersatu padu dengan penataan yang rapi sesuai dengan jenis-jenis barangnya.

Begitu juga dengan kondisi perekonomian masyarakat Indonesia beraneka ragam  sesuai  dengan  tingkat  penghasilan,  pekerjaan,  jabatan,  maupun  latar belakang pendidikan yang ditempuhnya sehingga taraf hidup masyarakat pun berbeda-beda. Ada yang berkecukupan maupun yang kurang mampu, namun keharmonisan antaranggota masyarakat yang berbeda ini pula harus dapat dipelihara.

Keadaan masyarakat yang mengalami kemiskinan serta tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya, meliputi makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, dan kesehatan, merupakan akibat berkurangnya pendapatan masyarakat.  Maka,  mereka  mengalami  penurunan  daya  beli  barang-barang kebutuhan pokok. Hal tersebut menyebabkan masyarakat tidak dapat hidup secara layak. Perlu ada upaya membantu kehidupan mereka untuk dapat meningkatkan  penghidupannya  yang  lebih  baik.  Hal  itu  dapat  dilakukan dengan melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitarnya atau kemudahan-kemudahan lainnya dalam memperoleh fasilitas hidupnya yang lebih baik dari pemerintah dan kelompok masyarakat lainnya, sehingga akan tercipta pula harmoni dari keberagaman ekonomi masyarakat.

3. Harmoni dalam Keberagaman Gender dalam Masyarakat

Materi kali ini tentang Keberagaman gender. pasti ada yang belum tahu apa itu gender apakah sama dengan jenis kelamin atau seperti apa. ayo kita simak video berikut agar dapat memberikan pengetahuan awal bagi kita untuk memahami gender. 




Secara  harfiah  gender  berasal  dari  bahasa  Inggris  yang  berarti  jenis kelamin.  Gender  merupakan  suatu  sifat  yang  melekat  pada  laki-laki  dan perempuan.  Gender  menunjukkan  pembagian  peran,  kedudukan,  dan  tugas antara laki-laki dan perempuan berdasarkan sifat-sifat yang dimilikinya.

Kesetaraan gender makin berkembang bukan hanya perlakuan yang adil berdasarkan  ciri-ciri  fisik  antara  laki-laki  dan  perempuan. Tetapi  mengarah kepada kompetensi kemampuan akademik atau keahlian yang dimiliki dari setiap orang dalam kehidupan masyarakat. Tanpa membedakan jenis kelamin, baik laki-laki maupun perempuan memperoleh kesempatan yang sama untuk berperan serta dalam berbagai bidang kehidupan.

Pergeseran  nilai  sosial  budaya  memengaruhi  profesi  atau  mata pencaharian, maupun kedudukan seseorang dalam masyarakat. Sekarang ini, sudah banyak kaum perempuan yang menduduki jabatan penting di instansiinstansi pemerintah maupun swasta. Begitu juga dengan profesi, yang dulu biasanya hanya dilakukan oleh kaum laki-laki, tetapi sekarang juga banyak dilakukan oleh kaum wanita.

Sementara  itu,  kaum  laki-laki  saat  ini  juga  banyak  yang  melakukan pekerjaan-pekerjaan  yang  dulunya  biasa  dilakukan  oleh  kaum  perempuan. Misalnya, ada yang berprofesi sebagai cheffatau ahli masak, desainer, atau penata rias. Dengan demikian, apapun profesi, kedudukan, atau jabatan di masyarakat, baik-laki maupun perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk berperan serta dalam kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, pertahanan, dan keamanan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

DAFTAR PUSTAKA

Buku Paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX Edisi Revisi Kurikulum 2013.

Modul Pembelajaran Berbasis aktivitas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX Semester Genap. Aslamiah, S.Pd

https://www.youtube.com/watch?v=GhfjF4n9QOY

https://www.youtube.com/watch?v=_44pe9_iu14

https://www.youtube.com/watch?v=HXcECYkkOyc


Flipbooks materi di atas bisa klik link dibawah

http://gg.gg/FlipbookMakna_harmoni









Post a Comment

0 Comments